Selasa, 25 Desember 2012

HIKMAH DARI NYAMUK


BISMILLAH


Mahluk yang kecil ini di sebutkan di dalam Al-Quran dengan perumpamaan yang kosong yang harus di cari apa perumpamaannya . Dan jika di teliti lebih lanjut dari perumpamaan nyamuk ternyata banyak memiliki hikmah didalamnya , antara lain :

1. Penghujjahan dan tantangan Allah terhadap para penyembah patung untuk membuat patung berbentuk nyamuk untuk di sembah oleh para penyembah patung walau mereka bersatu sekalipun . Dan jika di zaman sekarang pun , manusia tidak dapat menciptakan daging mahluk hidup berupa nyamuk maupun lalat .

2. Nyamuk ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan , antara lain :
- nyamuk dapat menghisap darah kotor yang merugikan dalam tubuh kita dan tubuh kita akan memproduksi darah baru lengkap dengan hemoglobin yang berkurang tadi .
- nyamuk dapat menusuk ujung-ujung saraf yang terletak di bawah kulit kita yang berfungsi sebagai pemicu kesehatan tubuh .

jika kita bicara tentang efek samping yang di timbulkan dari gigitan nyamuk , maka kita pun harus mempunyai pegangan satu ayat yaitu :
"...boleh jadi kamu benci kepada sesuatu padahal ia baik bagi kamu dan boleh jadi kamu suka kepada sesuatu padahal ia buruk bagi kamu..." Al-Baqarah 216

3. Nyamuk pun dapat memberikan pembelajaran kepada kita tentang kesabaran dan lemah lembut terhadap tubuh kita dari efek gatal yang di timbulkan oleh gigitan nyamuk .

4. Nyamuk memiliki nasehat antara lain :
- "Janganlah hanya melihat bentuknya yang kecil , namun lihatlah dari manfaatnya yang besar ".
- "janganlah menyakiti atau menyusahkan orang lain dengan menghisap apa yang mereka miliki tanpa memberikan manfaat kepada mereka ".
- "Lihatlah diri mu yang kecil dari dunia yang lebih besar , lalu mintalah sesuatu kepada Allah yang Maha Besar yang Maha Pemberi ".
- Janganlah membunuh nyamuk yang telah memberikan manfaat , namun berterima kasihlah kepada Allah dan kepada nyamuk yang telah mengirimkan nyamuk untuk memberikan manfaat kepada kita .

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar